Sejarah Balap Kuda, Atau Yang Kerap Disebut Pacuan Kuda

Oleh : ftrrahman | 2022-03-30 09:11:50

Sejak awal sejarah yang tercatat bahwa pacuan kuda adalah olahraga terorganisir untuk semua peradaban besar di seluruh dunia. Olimpiade Yunani kuno memiliki acara untuk kereta dan pacuan kuda. Olahraga ini juga sangat populer di Kekaisaran Romawi.
Pacuan kuda adalah salah satu olahraga tertua dari semua olahraga, dan konsep dasarnya hampir tidak berubah selama berabad-abad. berkembang dari kontes primitif kecepatan atau stamina antara dua kuda menjadi tontonan yang melibatkan banyak pelari, peralatan pemantauan elektronik yang canggih, dan uang dalam jumlah besar, tetapi fitur dasarnya selalu sama: kuda yang selesai lebih dulu adalah pemenangnya. Di era modern, pacuan kuda telah berkembang dari pengalihan kelas rekreasi menjadi bisnis hiburan publik yang besar. Namun, dalam dekade pertama abad ke-21 dan popularitas olahraga ini telah menurun drastis.
Pacuan kuda adalah salah satu olahraga yang paling banyak dihadiri penonton di negara Amerika. Pada tahun 1989, lebih dari 50 juta orang menghadiri 8.000 hari balapan dan bertaruh lebih dari $9 miliar. Pacuan kuda juga merupakan olahraga populer di Kanada, Inggris Raya, Irlandia, Timur Tengah, Amerika Selatan, dan Australia. Di Amerika Serikat, balapan paling populer terdiri dari kuda ras murni yang berpacu di jalur datar antara 3/4 mil dan 1 1/4 mil. Kuda seperempat juga populer serta balap harness.
Asal usul balap kuda modern bermula pada abad ke-12 ketika ksatria Inggris kembali dari Perang Salib dengan kuda-kuda Arab yang cepat. Selama 4 abad berikutnya, semakin banyak kuda jantan Arab yang diimpor dan dibiakkan ke kuda betina Inggris untuk menghasilkan kuda yang memiliki kecepatan dan daya tahan. Bangsawan akan bertaruh secara pribadi pada balapan pertandingan antara kuda-kuda tercepat ini.
Pada masa pemerintahan Ratu Anne di tahun 1702-1714, pacuan kuda mulai menjadi olahraga profesional. Balapan pertandingan berevolusi menjadi balapan multi-kuda yang dipertaruhkan oleh para penonton. Arena pacuan kuda muncul di seluruh Inggris, menawarkan peningkatan dompet besar untuk menarik kuda terbaik. Dompet membuat berkembang biak dan memiliki kuda untuk balap lebih menguntungkan. Ekspansi olahraga yang cepat menciptakan kebutuhan akan otoritas pemerintahan pusat. Pada 1750 elit balap bertemu di Newmarket untuk membentuk Jockey Club. Organisasi ini masih mengatur balap Inggris hingga hari ini.
Tags : #PacuanKuda